STRUKTUR KIMIA ALGINAT

STRUKTUR KIMIA ALGINAT - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul STRUKTUR KIMIA ALGINAT, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : STRUKTUR KIMIA ALGINAT
Link : STRUKTUR KIMIA ALGINAT

STRUKTUR KIMIA ALGINAT




Polimer alginat dibentuk dari hubungan antara C-1 dan C-4 tiap dan dihubungkan oleh ikatan eter oksigen. Polimer alginat terdiri dari 3 jenis, yaitu polimer M (manuronat), polimer G (guluronat), dan polimer MG Polimer M dibentuk dari struktur ekuatorial gugus C-1 dan C-4 dan membentuk polimer lurus, sedangkan polimer G dibentuk dari struktur aksial Perbedaan struktur polimer ini menyebabkan polimer G lebih banyak digunakan untuk proses pembentukan gel alginat dengan penambahan ion Ca2+. Ion tesebut akan menggantikan ion H+ pada gugus karboksilat dan membentuk jembatan ion penghubung antara polimer G yang satu dengan yang lainnya. Hubungan antar polimer G ini akan membentuk struktur egg-box (FAO, 2009)

Molekul asam alginat berbentuk polimer linier tak bercabang dan disusun oleh kurang lebih 700-1000 residu asam ß-D- manuronat (M) dan α-L- guluronat (G). Asam D-manuronat memiliki ikatan diekuatorial 4 C1  sedangkan asam guluronat memiliki ikatan diaksial 1 C4 (Wandrey, 2005).  Rantai yang terdiri atas 3 segmen polimer yang berbeda terlihat pada gambar 1 berikut ini :


Struktur alginat

Asam alginat
Viskositas Na-alginat dikelompokkan kedalam lima kelompok, yaitu ekstra tinggi 100 cps, tinggi 500 cps, medium 300 cps, ekstra rendah 20-30 cps. Pengukuran dilakukan terhadap 1% larutan alginat pada suhu 20oC. Menurut Rahardian (2009), faktor-faktor fisika yang mempegaruhi sifat-sifat larutan alginat adalah suhu, konsentrasi dan ukuran polimer. Karakeristik fisik garam alginat yaitu berupa tepung atau serat, berwarna putih sampai dengan kekuningan, hampir tidak berbau, dan berasa. Sedangkan faktor-faktor kimia yang berpengaruh adalah pH dan adanya pengikat logam, serta garam monovalen dan kation polivalen. Asam alginat tidak larut dalam air dingin, namun sedikit larut dalam air panas, larut dalam alkohol, eter dan gliserol. Garam-garam (K, Na, NH4+, dn Ca2-) dan propilen glikol alginat larut dalam air dingin maupun panas, tapi garam kalsiumnya tidak dapat larut dalam kondisi pH>7. Larutan garam alginat yang larut dalam air akan membentuk gel pada larutan asam atau karena adanya ion kalsium dan kation logam plovalen lainnya (Rahardian 2009).

K-alginat dipakai dalam obat-obatan cair karena bisa meningkatkan viskositas dan dan pensuspensi bahan padat sehingga digunakan sebagai koloid pelindung. Aplikasi K-alginat misalnya sebagai pengisi obat penicillin dan obat-obat sulfa. K-alginat juga efektif sebagai tablet binder, pengemulsi yang digunakan dalam pembuatan kapsul. Selain itu, alginate juga bisa digunakan sebagai pengental yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan shampoo cair serta sebagai bahan sediaan untuk minyak rambut dan larutan pencuci rambut (Anggadiredja 2008).

 Menurut Food Chemical Codex (1981) diacu dalam Yunizal (2004), rumus molekul dari asam alginat adalah (C6H706Na)n. Garam natrium dari asam alginat berwarna putih samai kekuningan, berbentuk tepung atau serat, hampir tidak berbau dan berasa, larut dalam air dan mengental (larutan koloid), tidak larut dalam larutan hidrokoloid dengan kandungan alkohol lebih dari 20%, dan tidak larut dalam kloroform, eter, dan asam dengan pH kurang dari 3. Standar mutu internasional untuk asam alginat dan garam alginat sesuai dengan Food Chemical Codex (1981) diacu dalam Yunizal (2004) dapat dilihat pada Tabel 2. Tabel 2. Standar mutu asam alginat dan garam alginat 

Karakteristik Asam alginat Garam alginat Kemurnian (% berat kering) 91-104% 90.8-106% Rendemen >20% >18% Kadar CO2 <23% <21% Kadar As <3 ppm <3 ppm Kadar Pb <0.004% <0.004% Kadar Abu <4% 18-27% Susut pengeringan <15% <15%

Sumber: Food Chemical Codex (1981) diacu dalam Yunizal (2004)


Alginat :


struktur kimia alginat

Nama lain :
E400

Sifat :
Rumus molekul = (C6H8O6)n
Massa molar = 10,000 - 600,000
Penampilan = white to yellow, fibrous powder
Densitas = 1.601 g/cm3
Keasaman (pKa) = 1.5-3.5




Demikianlah Info postingan berita STRUKTUR KIMIA ALGINAT

terbaru yang sangat heboh ini STRUKTUR KIMIA ALGINAT, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang STRUKTUR KIMIA ALGINAT dan berita ini url permalinknya adalah http://nyimakpelajaran.blogspot.com/2017/09/struktur-kimia-alginat.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "STRUKTUR KIMIA ALGINAT"

Posting Komentar