Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan

Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan
Link : Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan
Kata Pengantar

          Puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunia-NYA, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dalam bentuk makalah dengan tema “Menjaga Kebersihan Lingkungan” yang dapat memberikan nuansa kenyamanan dan kebersihan. Kami menyusun karya ilmiah ini semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan kami. Semoga dengan adanya karya ilmiah yang kami susun ini dapat bermanfaat bagi para pembaca serta dapat menyadarkan masyarakat terutama generasi muda untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dan harapan kami semoga karya ilmiah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk kedepannya dapat memperbaiki bentuk maupun isi karya ilmiah ini, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangaun dari pembaca demi kesempurnaan karya ilmiah ini. Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam karya ilmiah ini semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan bagi para pembaca.




25 Oktober 2016


      Penyusun






Tujuan

            Adapun tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini yaitu :
1)    Menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
2)    Memberikan penjelasan tentang akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan.
3)    Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama generasi muda agar menjaga kebersihan dengan sebaik-baiknya.
4)    Mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk meningkatkan taraf hidup bersih dan sehat.
5)    Mengupayakan kegiatan masyarakat yang dapat dilakukan untuk melestarikan serta menjaga kebersihan lingkungan supaya kebersihan lingkungan disekitar kita tetap terjaga.





Manfaat

            Dengan adanya karya tulis ilmiah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran manusia tentang menjaga kebersihan lingkungan. Dalam meningkatkan kesadaran tersebut dapat dimulai dari dalam diri kita masing-masing. Apabila diri kita menyadari akan kebersihan lingkungan tentunya orang lain juga akan terpengaruh untuk menjaga kebersihan. Apabila kita telah menyadari pentingnya menjaga kebersihan, tentunya kita dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya menjaga kebersihan di lingkungan rumah kita, misalnya dapat dilakukan dengan cara menyapu area dalam rumah, di area luar rumah serta tidak membuang sampah sembarangan.
          Selain di lingkungan rumah, kita juga dapat menerapkannya di lingkungan sekolah. Hal tersebut dapat diawali dengan membersihkan kelas serta membuang sampah pada tempatnya. Apabila kita dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah tentunya lingkungan sekolah kita akan tercipta suasana yang bersih dan nyaman. Apabila kita telah menjaga lingkungan dengan baik tentunya hal tersebuat juga berpengaruh terhadap kesehatan diri kita.
          Sebagai contoh apabila kita rajin membersihkan lingkungan rumah serta rajin membuang sampah pada tempatnya, dengan membersihkan lingkungan rumah tentunya debu dan kotoran akan hilang sehingga tidak mengganggu pernafasan kita. Selain itu bila kita rajin membuang sampah pada tempatnya tentunya kita akan terhindar dari bau yang tidak sedap sehingga udara lebih segar dan hidup kita menjadi lebih sehat.


Permasalahan dari latar belakang tersebut dapat kami rumuskan sebagai berikut :
1.     Pengertian kebersihan lingkungan.
2.     Kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan.
3.     Pengaruh kebersihan terhadap kesahatan.
4.     Upaya yang dapat kita lakukan untuk menciptakan kebersihan lingkungan.
5.     Dampak lingkungan yang kotor.




BAB I
Pendahuluan
Latar Belakang Masalah
Lingkungan masyarakat disekitar kami masih banyak yang belum peduli terhadap kebersihan. Karena hal tersebut, dapat dilihat dari pekarangan rumah yang lingkungannya masih kotor, oleh karena itu diperlukan upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan sebaik-baiknya. Karena lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting serta sangat bermanfaat bagi makhluk hidup. Tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada kehidupan.
Kebersihan merupakan sebagaian dari iman, itulah slogan yang sering kita dengar selama ini. Kebersihan juga sangat penting bagi kesehatan manusia, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Salah satu upaya melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan dapat diawali dari dalam diri kita masing-masing. Apabila diri kita menjaga kebersihan lingkungan dengan baik, tentunya orang lain juga akan merasa senang, sehingga mereka akan ikut terpengaruh untuk menjaga kebersihan lingkungan.
Sikap menjaga kebersihan dapat terbentuk dari peranan banyak pihak, misalnya dari peranan aparat perangkat desa, keluarga, dan masyarakat. Salah satu contoh menjaga kebersihan lingkungan dapat dibentuk dari peran aparat perangkat desa, misalnya ketua RT mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan yang kotor. Untuk kelancaran hal tersebut perlu adanya kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan.
Saat ini kesadaran masyarakat masih terbilang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Seperti yang terlihat disekitar lingkungan pedesaan yang masih banyak sampah yang berceceran, selokan yang tergenang air sehingga dapat menjadi sarang nyamuk. Selain itu juga dapat menimbulkan beberapa penyakit misalnya demam berdarah, diare dan muntaber, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama dalam hal kesehatan.


BAB II
Pembahasan
Pengertian Kebersihan Lingkungan
Kebersihan adalah upaya masyarakat untuk memelihara diri dan lingkungsn dari segala yang kotor  dalam mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman. Sedangkan lingkungan dapat dikatakan sebagai tempat tinggal makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya. Jadi kebersihan lingkungan adalah upaya masyarakat dalam memelihara dan mewujudkan tempat tinggal yang sehat dan nyaman.
Upaya masyarakat yang dilakukan untuk mewujudkan tempat tinggal yang sehat dan nyaman dapat dilakukan setiap hari di tempat tinggal kita masing-masing. Seperti membersihkan rumah kita setiap hari adar rumah terlihat bersih dan rapi, kitapun dapat tearasa nyaman jika kita berada dirumah yang bersih dan rapi.
Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah, dan bau. Dan lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
          Jadi kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah, dan bau sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber, dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman.
          Di agama Islam juga diajarkan mengenai kebersihan lingkungan mencakup kebersihan makanan, kebersihan minuman, kebersihan rumah, kebersihan sumber air, pekarangan, dan jalan. Ini semua sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yaitu kebersihan sebagian dari iman.
          Kebersihan akan lebih menjamin kesehatan seseorang. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan. Kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetap sehat. Bila sudah terbiasa menjaga kebersihan, maka ‘jika kita melihat tempat yang tidak bersih harus segera kita bersihkan agar hilang dari pandangan mata. Semakin banyak kotoran yang dibiarkan menumpuk, semakin tidak baik untuk di lihat. Yang lebih bahaya lagi akan mendatangkan berbagai macam penyakit atau wabah disekitarnya.
          Dalam hubungan ini umat beragama dan masyarakat sekitar mutlak diperlukan dalam menciptakan lingkungan masyarakat bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih sangat mendukung kenyamanan, sebaliknya tempat yang kotor menjadikan kondisi yang suram.
          Renungkanlah sebuah hadist Rasulullah SAW yang maksudnya “Islam itu bersih, maka hendaklah kamu suka membersihkan diri kamu, tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih” (H.R Dailami)



Kesadaran Masyarakat Tentang Kebersihan Lingkungan

Lingkungan disekitar masyarakat kita masih banyak yang terlihat kotor. Hal tersebut dikarenakan minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat masyarakat sekeliling mereka. Hal tersebut dapat dilihat dari keadaan lingkungan masyarakat yang kotor. Masyarakat tersebut berfikir jika tidak menjaga kebersihan lingkungan masyarakat hal tersebut tidak akan berdampak apapun. Padahal hal tersebut mengakibatkan banyak dampak, misalnya dapat mengakibatkan banjir, memicu banyak penyakit serta menyebabkan lingkungan masyarakat menjadi kumuh.
          Untuk menghindari dampak negatif akibat tidak menjaga kebersihan masyarakat maka kita perlu membangun kesadaran masyarakat. Upaya untuk menyadarkan masyarakat agar menjaga kebersihan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu : memberi pengetahuan tentang dampak akibat tidak menjaga kebersihan, menjaga masyarakat untuk kerjabakti, memberi sanksi terhadap masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan. Hal tersebut dapat dilakukan sampai masyarakat sadar agar mereka menjaga kebersihan.
          Kebersihan sebuah cerminan bagi setiap individu dalam menjaga kesehatan yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari. Dan seperti yang diketahui bahwa kebersihan merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, penyakit, dan lain-lain, yang dapatmerugikan segala aspek yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku lingkungan masyarakat.
Sebagaimana diketahui bahwa kehidupan manusia sendiri tidak bisa dipisahkan baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Maka sebagai individu harusnya segala aspek yang ada dalam masyarakat harus dapat menjaga kebersihan lingkungan. Karena tanpa lingkungan yang bersih setiap individu maupun masyarakat akan menderita sebab ada sebuah faktor yang merugikan.
Kesehatan itu begitu mahal harganya, sehingga kebersihan harus dilestarikan dengan baik, lingkungan yang kotor berarti mengganggu kesehatan masyarakat dan dapat membuat bibit penyakit. Namun segala sesuatu ada perubahan, semua ini dapat dijalankan dengan sebuah kesadaran dari setiap individu masyarakat maupun kelompok masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.  Sehingga dapat menimbulkan banyak manfaat yang menguntungkan masyarakat.
Sebagaimana kita ketahui bahwa pandangan masyarakat tentang kesadaran lingkungan sangatlah kurang untuk saat ini.  Gaya hidup masyarakat di kota besar maupun di daerah-daerah kumuh masih sangat kurang. Jika setiap masyarakat tau cara pengolahan sampak dengan baik, maka segala akibat yang disebabkan oleh sampah seperti banjir bisa dihindari.
Pengolahan sampah dengan baik dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti mengajarkan anak-anak pada saat dini agar dapat menerapkan gaya hidup bersih dan juga membuang sampah pada tempatnya. Sikap yang selanjutnya bedakan sampah-sampah basah, kering, daur ulang, dan menyediakan tong dengan warna tertentu agar anak-anak dapat mengetahui mana yang seharusnya dibuang pada tempatnya. Sikap lain dapat diterapkan dengan membentuk organisasi pengolahan sampah meski ditingkat kecil (RT/RW ataupun Kelurahan/Kecamatan). Organisasi itu dapat dijadwal rutin untuk kerja bakti, pengumpulan dana untuk membeli bibit hijau, pengelolaan sampah masyarakat untuk program sampah daur ulang untuk kegiatan sosial dan teknologi pembuatan kompos dari sampah organik agar dimanfaatkan kembali untuk pupuk. Selain itu kesadaran masyarakat perlu terus ditingkatkan melalui pemberian rangsangan atau motivasi atas peran aktif masyarakat menjaga kebersihan lingkungan seperti adanya lomba kebersihan lingkungan antar desa dengan memberikan hadiah untuk pemenang. Oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa harus mulai dari diri sendiri untuk lebih meningkatkan kebersihan lingkungan.
(Saragih, Sitorus.S(1983).Bunga Rampai Lingkungan Hidup)
          Kebersihan tentunya menjadi idaman setiap masyarakat. Menjaga kebersihan lingkungan itu sangatlah penting bagi kehidupan setiap individu didalam masyarakat. Jika kita tidak peduli akan pentingnya kebersihan lingkungan, tanpa kita sadari kita akan memperoleh kerugian dalam diri kita sendiri. Salah satu kerugian yang kita alami misalnya yaitu tubuh kita menjadi tidak sehat dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan. Selain dapat merugikan diri sendiri, tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan juga dapat merugikan orang lain bahkan juga dapat merugikan lingkungan tempat tinggal kita.
          Dalam kehidupan kita, upaya yang dilakukan demi terciptanya kebersihan lingkungan itu masih terbilang kurang berpengaruh. Demi kelancaran upaya tersebut seharusnya dilakukan dengan cara yang modern misalnya dengan mengadakan lomba kebersihan antar masyarakat.
          Menjaga kebersihan lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu. Kebersihan lingkungan harus tetap dijaga aga keluarga kita terhindar dari penyakit. Karena kesehatan tidak ternilai harganya. Terkadang pada saat kita sehat, kita lupa akan nikmat tersebut dan ketika sakit kita baru sadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga.
          Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkonsumsi makanan bergizi dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang bersih terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan diri kita masing-masing sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak bersih dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah demam berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian.
          Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk didalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.
Harus kita sadari bahwa pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri dengan rajin menyapu halaman sekitar rumah.  Rajin membersihkan selokan rumah dan membuang sampah pada tempatnya.
          Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih. Kita juga harus saling mendukung agar tercapainya tujuan kita dalam menjaga kesehatan lingkungan bersama, agar tidak terjadi penyakit ataupun hal-hal yang tidak diinginkan.




Pengaruh Kebersihan Terhadap Kesehatan
            Kebersihan merupakan pencerminan pertama dari seseorang. Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya, debu, sampah, dan bau. Kebersihan merupakan hal yang harus diperhatikan karena jika diri kita dan lingkungan kita bersih maka kita akan terhindar dari segala macam penyakit. Serta akan membuat lingkungan kita indah, nyaman, dan bersih.
          Kebersihan lingkungan harus di upayakan dengan cara mengadakan kerja bakti bergilir. Diadakannya kerja bakti itu untuk membersihkan lingkungan seperti, membersihkan selokan, membersihkan rumput liar, menanam sejuta pohon. Kegunaan kebersihan lingkungan itu agar terhindar dari penyakit seperti : diare, tifus, asma, DBD, muntaber, dan lain-lain. Karena lingkungan yang bersih dapat menciptakan kehidupan yang sehat.
          Menjaga kebersihan itu sangat penting karena kebersihan sebagian dari iman. Kebersihan merupakan pencerminan pertama dari diri seseorang. Kebersihan dapat mempengaruhi kesehatan karena jika lingkungan kita bersih maka tidak ada kuman/bakteri yang bersarang dilingkungan kita. Kebersihan lingkungan dapat membuat hidup kita sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya, debu, sampah, dan bau. Masalah kebersihan selalu menjadi polemik yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan setiap tahunnya meningkat.
          Masalah kebersihan yang tidak kondusif dikarenakan masyarakat selalu tidak sadar akan hal kebersihan. Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dirawat dengan baik. Akibatnya masalah diare, penyakit kulit, penyakit usus, penyakit pernafasan dan penyakit lainnya disebabkan air dan udara sering menyerang golongan ekonomi lemah. Berbagai upaya pengembangan akan secara umum pun menjadi terhambat.
          Disamping akses air bersih yang kurang baik, kondisi kebersihan air dan lingkungan di perparah oleh kegagalan penyuluhan bagi masyarakat kelas bawah dan mereka yang tinggal di daerah kumuh untuk berperilaku bersih. Bahkan penyediaan air minum yang bersih pun belum secara serius dijadikan prioritas pembangunan terutama di daerah.
            Pentingnya lingkungan sehat dan bersih perlu dilakukan sejak dini agar anak memahami dan peduli pada lingkungan hidup disekitarnya. Kehidupan tidak dapat dipisahkan dengan kebersihan. Menyia-nyiakan kebersihan dapat menimbulkan bencana dalam kehidupan. Denga hidup bersih akan menjadi pangkal kesehatan dan kecerdasan.
          Kebersihan timbul dari jiwa yang bersih, sehingga mampu melahirkan pikiran dan tingkah laku yang bersih yang akan mengantarkan kepada kehidupan yang bersih dan jernih. Yang pada akhirnya akan menjadi atmosfer lingkungan yang segar dan indah.
          Seharusnya hidup dengan lingkungan yang bersih mestinya sudah diajarkan sejak dini agar kelak dewasa menjadi hal yang terbiasa. Kebersihan sudah menjadi masalah rutin dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita harus menyadari apa itu kebersihan. Bersih adalah sesuatu yang bebas dari hal kotor. Orang yang rajin merawat badan, berpakaian bersih akan tercermin juga terhadap kebersihan rumahnya dan juga lingkungan sekitarnya.
          Untuk membersihkan badan semua orang pasti mandi yaitu membersihkan tubuh dengan air bersih dan sabun, mencuci rambut dengan sampo dan menyikat gigi dengan pasta gigi. Selain kebersihan penampilan diri yang tidak kalah penting adalah kebersihan rumah karena manusia untuk bertahan hidup harus memiliki tempat tinggal yaitu rumah. Kebersihan rumah harus dirawat dengan cara merapikan dan membersihkan perabotan rumah dari debu dan menyapu. Merawat lingkungan secara rutin juga berarti untuk mencegah penyakit.





Upaya Menciptakan Kebersihan Lingkungan


          Kebersihan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap kehidupan karena dengan lingkungan yang bersih dapat menciptakan nuansa kehidupan yang sehat.Untuk menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti,membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal sehingga menciptakan keadaan yang nyaman bagi diri kita dan orang lain.Keadaan lingkungan bersih juga dapat menjadikan kita terhindar dari penyakit oleh karena itu perlu adanya kesadaran masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih,tetapi untuk saat ini masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan.Hal itu dapat dilihat dari keadaan lingkungan yang masih kotor dan kumuh,seperti di pasar masih banyak penjual yang membuang sisa dagangannya sembarangan dan selokan banyak ditemukannya sampah sehingga dapat menyumbat selokan dan menyebabkan bau yang tidak sedap.Untuk mencegah hal tersebut dapat dilakukan dengan kerja bakti,dengan adanya kegiatan tersebut dipastikan lingkungan menjadi lebih bersih.Kegiatan ini dapat dilakukan dengan membuat jadwal rutin untuk melakukan kerja bakti secara terjadwal.Melalui jadwal,maka kita akan membiasakan diri disiplin menjaga  kebersihan lingkungan.Tidak masalah bila ada kendala ditengah pelaksanaannya.Tapi yang terpenting adalah keseriusan dan keberlanjutan masyarakat dalam menjalankan kerja bakti.Dan hal ini seharusnya dijadikan sebagai kebiasaan masyarakat untuk hidup bersih.Selain itu kebiasaan masyarakat dalam menciptakan kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.Hal ini akan sangat bermanfaat jika diberikan kepada anak- anak,sehingga akan menjadi kebiasaan hidup bersih.Namun saat ini anak- anak masih banyak yang membuang  sampah sembarangan,oleh karena itu kita perlu membuat tempat sampah yang memisahkan antara sampah organik dan non organik.Hal ini penting dilakukan agar memudahkan upaya untuk menanggulangi timbunan sampah.
Selain hal tersebut,untuk menciptakan kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan upaya sebagai berikut:

·        Perbanyak tempat sampah disekitar lingkungan.
·        Mengajarkan kepada masyarakat untuk terbiasa memilah sampah menjadi sampah organik dan non organik.
·        Membuat jadwal untuk kerja bakti membersihkan lingkungan.




Dampak dari lingkungan yang kotor


Menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting.Jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan pastinya disekeliling kita akan terlihat kotor.misalnya bila keadaan rumah kita kotor tentunya kita akan merasa tidak nyaman serta orang yang datang ke rumah kita pun tentunya juga tidak akan merasa tidak nyaman.hal seperti itu juga sering terjadi di sekolah,misalnya di dalam kelas. Jika kelas kita kotor dan berdebu, sudah pasti kita tidak nyaman dan malas masuk kelas,belajarpun menjadi tidak fokus.Debu didalam kelas dapat menyebabkan batuk,sesak nafas,bersin,rasa gatal pada hidung,dan lain lain.Kotornya laci juga dapat menjadi sarangsemut, nyamuk,bahkan kecoa.Dan itu semua bisa menganggu kegiatan belajar mengajar didalam kelas.

            Padahal kebersihan di lingkungan sekolah dapat berpengaruh terhadap penilaian akreditasi sekolah,jika keadaan sekolah tidak berasih,pasti penilaian akreditasinya pun akan tidak bagus.Selain itu masih banyak dampak negatif yang ditimbulkan akibat tidak menjaga kebersihan misalnya menimbulkan bencana banjir.Seperti yang sering kita lihat,banjir banyak terjadi di kota-kota besar.Hal ini biasanya terjadi karena selokan yang tersumbat,itupun juga akibat ulah tangan manusia yang tidak peduli terhadap lingkungan.Tidak hanya banjir saja yang dapat ditimbulkan,sampah yang dibuang sembarangan pun dapat menjadi tempat perkembangbiakan kuman serta dapat menimbulkan berbagai penyakit yangdapat menyerang tubuh kita.Namun ada juga masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.Salah satu contoh masyarakat yang tidak perduli menjaga kebersihan yaitu masyarakat yang membuang sampah sembarangan misalnya membuang sampah di parit.Sehingga dapat menyebabkan banjir pada saat musim penghujan.Oleh karena itu masyarakat perlu dibekali ilmu tentang pentingnya menjaga kebersihan dan dampak akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan.Jika kira rajin menjaga kebersihan lingkungan,tentunya kita juga sudah terbiasa untuk menjaga kebersihan lingkungan dimanapun.Tapi sering juga kita lihat disekeliling kita masih banyak orang terutama generasi muda yang kurang menjaga kebersihan lingkungan.Salah satu contoh dapat dilihat pada saat kita berada disekolah,misalnya para siswa maupun siswi yang membuang sampah sembarangan padahal pihak sekolah sudah menempatkan tempat sampah disetiap lingkungan sekolah.Oleh karena itu kita perlu menyadarkan masyarakat ataupun para siswa siswi untuk menjaga kebersihan lingkunan demi terciptanya suasana yang indaah dan nyaman.


Jika kita kurang menjaga kebersihan lingkungan,itu dapat berakibat fatal bagi bumi kita.Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tidak dapat dijauhkan dari sebuah kehidupan manusia dan merupakan unsur yang pasti atau tetap dalam ilmu kesehatan dan pencegahanya.Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan itu sendiri adalah meciptakan sebuah lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit yang kapan saja dapat menyerang kita seperti demam berdarah,muntaber,dan lain-lain.Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih,indah,dan nyaman.Kebersihan lingkungan meliputi kebersihan tempat tinggal,sekolah,tempat bekerja,dan berbagai sarana umum lainya.Jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan maka lingkungan menjadi tidak sehat dan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari juga dapat menyebabkan penyakit yang mrngganggu masyarakat.Lingkungan yang bersihmenjadi hidup lebih sehat,udara tersa sejuk,tempat tinggal menjadi bersih dan terhindar dari segala penyakit.

Masyarakat sekarang memang sangat kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan lingkungan hidup yang seharusnya diperhatikan tetapi malah dibiarkan sehingga menimbulkan berbagai wabah penyakit yang membahayakan bagi tubuh kita.Jaman sekarang juga jarang sekali orang yang memperhatikan kesehatanya,bahkan sekarang juga banya orang yang terkene penyakit akibat ulahnya sendiri.Seperti merokok juga termasuk kegiatan yang dapat merusak kesehatan scara cepat,karena lebih berbahayanya lagi yang berada disamping perokok.Itu merupakan perokok pasif yang mungkn dampaknya lebih bahaya dari si perokok.Masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat seperti pulosi,lingkungan kotor,dan lain-lain.Untuk itu marilah kita peduli terhadap lingkungan supaya tetap terjaga keasrianya,kenyamanannya,dan keelokanya.Maka akan tercipta suatu lingkunganhidup yang bersih,sehat,aman,nyaman,dan tentram.

(https://www.scribd>document>dampakjikatidakmenjagakebersihanlingkungan.












BAB III

Kesimpulan.

Dari hal ini dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pada masyarakat masih banyak yang belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.Kebanyakan dari mereka hanya ingin menguntungkan diri sendiri,seperti pada masalah pembuangan sampah yang tidak benar, pembuangan limbah pabrik, polisi udra kendraan, pencemaran air, dan lain sebagainya.Kasus-kasus yang menyangkut suatu maslah kebersihan pada tiap tahunya selalu meningkat, dan juga mengakibatkan keadaan yang dapat merugikan diri sendiri.Jadi, dari hal ini kita harus dapat menyadari pentingnya kebersihan itu.Marilah kita menjaga kebersihan secara bersama-sama mulai dari hal yang kecil.

Saran

Agar teciptanya lingkungan yang bersih maka diperluan kesadaran masyarakat yang dapat meningkatkan kebersihan lingkungan,antara lain :

1.     Tidak membuang sampah sembarangan,kemudian menyediakan tempat sampah di setiap  sudut.
2.     Mengerjakan kerja bakti secara berkala baik seminggu sekali atau sebulan sekali.
3.     Mengadakan penyuluhan 3M yaitu (Menguras,Menutup,Dan Mengubur).
4.     Melibatkan para pemuda untu ikut menjaga kebersihan lingkungan.




Daftar Pustaka

http://id.m.wikipedia.org>kebersihan lingkungan.
Saragih, Sitorus.s(1983).Bunga Rampai Lingkungan Hidup.
http//dinkeb.lebakkab.go.id/pentingnya-kebersihan lingkungan.
https://www.scribd>document>dampakjikatidakmenjagakebersihanlingkungan.






Demikianlah Info postingan berita Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan

terbaru yang sangat heboh ini Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan dan berita ini url permalinknya adalah http://nyimakpelajaran.blogspot.com/2017/01/karya-tulis-ilmiah-menjaga-kebersihan.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan"

  1. Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan - Nyimakpelajaran Net >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan - Nyimakpelajaran Net >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Karya Tulis Ilmiah - Menjaga Kebersihan Lingkungan - Nyimakpelajaran Net >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK SA

    BalasHapus