ANALISIS NILAI PRODUK HASIL PERIKANAN

ANALISIS NILAI PRODUK HASIL PERIKANAN - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul ANALISIS NILAI PRODUK HASIL PERIKANAN, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : ANALISIS NILAI PRODUK HASIL PERIKANAN
Link : ANALISIS NILAI PRODUK HASIL PERIKANAN

TUGAS
MANAJEMEN INDUSTRI PERIKANAN
ANALISIS NILAI PRODUK HASIL PERIKANAN




OLEH
AMARA FAIZ WRIAHUSNA
14/367219/PN/13822


PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
DEPARTEMEN PERIKANAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA
2017


1. Latar Belakang

Analisis nilai adalah analisis penunjang utk menetapkan desain dan modifikasi (produk, pengemasan, utilitas, & lain-lain), utk menghindari biaya yg tdk bermanfaat (inefisiensi) atau analisis pembuatan produk dengan kualitas yg tetap baik, tetapi diikuti dgn usaha-usaha penghematan biaya sehingga dpt digunakan utk menekan biaya produksi keseluruhan. Analisis nilai tidak sama dengan analisis nilai tambah atau nilai tambah.

Analisis nilai memiliki beberapa fungsi, yaitu :
1) Melakukan evaluasi kedepan
2) Review (pengikhtisaran)
3) Revisi (perbaikan)

Hasil dari analisis ini diharapkan menjadikan nilai produk perikanan yang diolah menjadi lebih tinggi. 

2. Pembahasan

Analisis nilai dapat dilakukan pada produk perikanan yang telah dipasarkan. Analisis nilai memiliki beberapa kategori, yaitu :

1) Nilai biaya (cost value): nilai yg muncul pd suatu produk krn biaya pembuatannya. Contoh: nilai kemasan ikan kaleng dari logam anti karat akan berbeda dgn kemasan dari plastik karena biaya pembuatannya lebih mahal kemas logam.

2) Nilai pakai (use value): nilai yg timbul krn adanya perbedaan dayaguna (pakai) suatu barang. Contoh: penggunaan peralatan pengolahan ikan dr stainless steel mempunyai nilai guna lebih tinggi dari peralatan yg terbuat dari besi.

3) Nilai kebanggaan (esteem value): suatu nilai  yg muncul krn kebanggaan dr pemakaian suatu produk. Contoh: kebanggaan yg muncul & diperolehnya suatu penghar-gaan dr negara buyer dalam ekspor produk, akan lebih berharga dibandingkan penghargaan dr negara sendiri.

4) Nilai tukar (exchange value): suatu nila yg muncul karena adanya unsur kemudahan dalam daya tukar krn produk. Contoh: memiliki sertifikat aset perusahaan perikanan akan mempunyai nilai tukar yg lbh tinggi dibandingkan sebuah mobil dgn harga yg sama.

5) Nilai tidak wujud (intangible value) yg sulit diukur

Contoh analisis nilai pada produk ikan asin (Ramadani et al., 2012)



Analisis nilai pada produk ikan asin



Nilai tambah yang diperoleh pengusaha dalam memproduksi ikan asin adalah sebesar Rp 2.225/kg ikan asin. Nilai ini diperoleh dengan mengurangkan nilai output sebesar Rp. 4.000,00 dengan harga bahan baku sebesar Rp. 1.500,00 dan sumbangan input lain (garam) sebesar Rp. 275,00. Rasio nilai tambah ini adalah sebesar 55,6 % dari nilai output. Pendapatan tenaga kerja sebesar Rp 1.503,8/kg ikan asin yang dihasilkan. Pendapatan tenaga kerja ini diperoleh dengan mengalikan koefisien tenaga kerja sebesar 0,035 dengan upah tenaga kerja sebesar Rp. 42.966,5/HKP. Sehingga diperoleh pangsa tenaga kerja sebesar 67,59%. Nilai pangsa tenaga kerja ini diperoleh dengan membagikan pendapatan tenaga kerja dengan nilai tambah kemudian dikalikan dengan 100%.

Sedangkan keuntungan yang diperoleh pengusaha adalah sebesar Rp 721,2/kg ikan asin yang dihasilkan. Nilai ini diperoleh dari pengurangan nilai tambah sebesar Rp. 2.225,00 terhadap pendapatan tenaga kerja sebesar Rp. 1.503,8. Tingkat keuntungan pengusaha adalah 32,41%. Tingkat keuntungan ini diperoleh dengan membagikan keuntungan Rp. 721,2 terhadap nilai tambah Rp. 2.225,00 kemudian dikali dengan 100%. Balas jasa Pemilik Faktor Produk.

Margin diperoleh dari pengurangan nilai output sebesar Rp. 4.000,00 dengan harga bahan baku sebesar Rp.  1.500,00. Nilai margin yang diperoleh pengusaha pengolahan ikan asin adalah sebesar Rp 2.500/kg ikan asin. Bagian pendapatan tenaga kerja diperoleh dari hasil bagi antara pendapatan tenaga kerja sebesar Rp. 1.503,8 dengan marjin sebesar Rp. 2.500,00 dikali dengan 100%. Nilai balas jasa pendapatan tenaga kerja yang diperoleh adalah sebesar 60,15%.

Balas jasa untuk sumbangan input lain diperoleh dari hasil bagi antara sumbangan input lain sebesar Rp. 275,00 dengan marjin sebesar Rp. 2.500,00 dikalikan dengan 100%. Maka nilai balas jasa sumbangan input lain yang diperoleh adalah sebesar 11%. Sedangkan  nilai balas jasa untuk keuntungan 9 pengusaha diperoleh dari hasil bagi keuntungan sebesar Rp. 721,2 dengan marjin sebesar Rp. 2.500,00 dikalikan dengan 100%, sehingga diperoleh nilai balas jasa untuk keuntungan pengusaha sebesar 32,41%.

Contoh penilaian faktor internal dan eksternal pemindangan ikan (Lumban et al., 2012)
Penilaian bobot faktor internal dan eksternal perusahaan pemindangan ikan

Kekuatan rata-rata matriks IFE


3. Kesimpulan


Analisis nilai adalah analisis penunjang utk menetapkan desain dan modifikasi (produk, pengemasan, utilitas, & lain-lain), utk menghindari biaya yg tidak bermanfaat (inefisiensi) atau analisis pembuatan produk dengan kualitas yg tetap baik, tetapi diikuti dgn usaha-usaha penghematan biaya sehingga dapat digunakan utk menekan biaya produksi keseluruhan. Analisis nilai tidak sama dengan analisis nilai tambah atau nilai tambah. Analisis Nilai hanya dapat dilakukan pada produk yang sudah dipasarkan.

Referensi


Lumban, R. M., I. Maulina, I. Gumilar. 2012. Analisis Pengembangan Usaha Pemindangan Ikan di Kecamatan Bekasi Barat. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 3(1) : 14-24.

Ramadani, R., H. Hasyim, Y. Maryuniata. 2012. Analisis dan Penyusunan Strategi Pengembangan Nilai Tambah Produk Ikan Asin. Universitas Sumatera Utara. Medan.



Demikianlah Info postingan berita ANALISIS NILAI PRODUK HASIL PERIKANAN

terbaru yang sangat heboh ini ANALISIS NILAI PRODUK HASIL PERIKANAN, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang ANALISIS NILAI PRODUK HASIL PERIKANAN dan berita ini url permalinknya adalah http://nyimakpelajaran.blogspot.com/2017/09/analisis-nilai-produk-hasil-perikanan.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ANALISIS NILAI PRODUK HASIL PERIKANAN"

Posting Komentar