Pidato Pancasila Sebagai Pemersatu NKRI

Pidato Pancasila Sebagai Pemersatu NKRI - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Pidato Pancasila Sebagai Pemersatu NKRI, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : Pidato Pancasila Sebagai Pemersatu NKRI
Link : Pidato Pancasila Sebagai Pemersatu NKRI
Assalamu'alaikum wr.wb

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Saudara – saudara sebangsa dan setanah air

Mari kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi kesempatan kepada kita semua, sehingga dapat hadir di sini dalam keadaan sehat walafiat serta dengan harapan dapat menjiwai dan membangkitkan kembali aura Pancasila dalam lubuk sanubari kita.

Saudara – saudara yang saya sayangi
Pancasila, pasti istilah itu sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Ada yang berpendapat bahwa pancasila adalah sebagai dasar negara, lalu ada yang berpendapat pula bahwa pancasila sebagai cita – cita bangsa dan ada yang berpendapat lagi bahwa pancasila merupakan sejarah bangsa Indonesia. Semua pendapat – pendapat tersebut benar semua. Akan tetapi yang paling penting dari sebuah pancasila adalah pancasila sebagai alat pemersatu. Seperti tema pidato saya kali ini yaitu pancasila sebagai pemersatu NKRI.

Saudara – saudara sekalian
Pancasila sebagai pemersatu NKRI tersirat dengan jelas dalam butir – butir pancasila terutama pada sila ketiga pancasila yaitu persatuan Indonesia. Lalu mengapa pancasila dapat dijadikan sebagai alat pemersatu NKRI ? hal tersebut dapat dijawab dari pembentukan atau perumusan pancasila sendiri, yaitu terbentuk oleh nilai – nilai luhur yang digali dari kekayaan bangsa Indonesia sendiri. Jadi pancasila sudah mencakup keseluruhan dari bangsa Indonesia atau NKRI. Nah, selain itu, dikarenakan keadaan Indonesia yang majemuk, yaitu yang memiliki berbagai macam budaya, suku bangsa, ras dan agama. Maka dibentuklah suatu alat pemersatu yang disebut pancasila.

Saudara – saudara sebangsa dan setanah air,
Persatuan amat penting kaitannya dengan masa depan Indonesia, karena dengan persatuan, maka dapat tercipta suatu perdamaian yang telah di cita – cita kan oleh NKRI. Cita – cita tersebut tercantum dalam pembukaan UUD RI tahun 1945 alenia keempat. Cita – cita tersebut berbunyi Melidungi segeenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa dan Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Saudara – saudara yang berbahagia
Sebagai warga negara yang baik, seharusnya kita bangga terhadap pancasila. Bukan hanya sekedar ucapan semata, tapi alangkah lebih indah jika kita dapat menjaganya dengan cara mengamalkan nilai – nilai yang terkandung dalam pancasila sehingga terciptalah persatuan Indonesia yang sebenarnya. wujud pengamalan tersebut dapat berupa dengan melestarikan budaya yang kita miliki, saling menghargai dan menghormati sesama warga negara Indonesia, serta lain sebagainya.

Saudara – saudara yang sebangsa dan setanah air
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, jika ada tutur kata saya yang tidak berkenaan di hati mohon dimaafkan. Semoga semangat Pancasila tetap berada dalam hati sanubari kita masing – masing.


Wassalamualaikum wr. wb.


Demikianlah Info postingan berita Pidato Pancasila Sebagai Pemersatu NKRI

terbaru yang sangat heboh ini Pidato Pancasila Sebagai Pemersatu NKRI, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang Pidato Pancasila Sebagai Pemersatu NKRI dan berita ini url permalinknya adalah https://nyimakpelajaran.blogspot.com/2017/06/pidato-pancasila-sebagai-pemersatu-nkri.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pidato Pancasila Sebagai Pemersatu NKRI"

Posting Komentar