Pidato Tema Pancasila

Pidato Tema Pancasila - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Pidato Tema Pancasila, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : Pidato Tema Pancasila
Link : Pidato Tema Pancasila
Assalamu’alaikum Wr,Wb
               Kepada yang terhormat para dewan juri,  hadirin  dan teman-teman yang saya banggakan.
               Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di.........,
               Dalam rangka peringatan hari lahirnya pancasila yang jatuh pada tanggal 1 juni, dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW ,keluaraga ,sahabat dan kita sebagai umatnya yang senantiasa menantikan safaat di hari akhir. Amin..
               Pada kesempatan ini izinkanlah saya menyampaikan sebuah pidato bertemakan’ PANCASILA” . Semoga pidato yang saya sampaikan dapat menginspirasi dan memberikan pencerahan kepada kita semua. Amin
               Sebelum pidato ini saya mulai, izinkan saya mengajak bapak, ibu serta hadirin yang berada disini,  berdiri sejenak untuk mengucapkan teks Pancasila secara bersama-sama dengan panduan dari saya.
PANCASILA
1.     KETUHANAN YANG MAHA ESA;
2.     KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB;
3.     PERSATUAN INDONESIA;
4.     KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN, DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN.
5.     KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.
               Selanjutnya mari kita bersama-sama mengucapkan “SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA”
Terimakasih atas partisipasi hadirin sekalian. Tepuk tangan untuk semuanya. Silakan para hadirin untuk kembali ketempat duduk masing-masing.
               Apabila kita membahas tentang  PANCASILA, maka yang ada dibenak kita adalah sebagai ideologi bangsa indonesia yang dianut oleh Warga Negara Indonesia sebagai pedoman hidup. Apa itu pedoman hidup masyarakat Indonesia? Pedoman hidup adalah sebuah peraturan yang menjadi pacuan Warga Negara dan pemimpinnya untuk menjalankan peraturan. Sekarang, apakah kita sudah benar-benar menerapkan kehidupan ber-Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat? Kehidupan berpancasila tidaklah sulit, kita bisa menerapkan kehidupan bermasyarakat melalui 5 nilai yang terkandung didalamnya.
               Contoh kecilnya yaitu dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berdampingan dengan berbagai macam masayarakat antar keyakinan, ras dan golongan yang berdea-beda, didalam kehidupan saat ini apabila kita tidak memiliki sikap toleransi yang ada didalam butir-butir pancasila maka rasa toleransi dan saling menghargai akan sulit terwujud didalam kehidupan, nilai pancasila tersebut ada didalam sila ke-3 yang berbunyi ’’ Persatuan Indonesia”,  jadi walaupun berbeda-beda tetap satu jua. Seperti halnya pada beberapa waktu terakhir ini ada sedikit gesekan-gesekan antar kelompok didalam masyarakat yang mengatas namakan ras dan agama . Apabila kita tidak memiliki Ideologi dasar Pancasila dalam diri kita maka gesekan tersebut akan terus menerus terjadi. Teringat ucapan Presiden Repoblik Indonesia saat ini , yaitu Bapak Ir.Joko Widodo yaitu :
’’ jangan saling menghujat karena kita ini adalah saudara.
Jangan saling menjelekkan, karena kita ini adalah saudara.
Jangan saling menfitnah, karena kita ini adalah saudara.
Jangan saling menolak, karena kita ini adalah saudara”.
               Pernyataan  bapak Presiden kita sangat mengispirasi kita sebagai warganya untuk saling memiliki jiwa toleransi yang besar dalam kehidupan sehari-hari.
                Contoh lainya, kita sebagai murid didalam lingkungan sekolah yang  berpedoman pancasila, kita harus mampu menanamkan sikap tunduk dan patuh terhadap apa saja yang diberikan Guru demi masa depan dan kehidupan yang lebih baik. Selain tunduk dan patuh terhadap guru, kita juga harus tunduk dan setia menjalankan peraturan serta menjauhi larangan yang sudah ada didalam peraturan sekolah. Dari penerapan tersebut,  kita sudah mampu memberikan contoh kehidupan pancasila didalam sila ke-2 yang berbunyi ’’ Kemanusiaan yang adil dan beradab’’ .
               Dari kedua contoh tadi, dapat disimpulkan bahwa melaksanakan kehidupan ber-pancasila tidaklah sulit dan terkadang itu terjadi tanpa kita sadari. Oleh karena itu , jangan pernah ragu bahkan malu untuk melakukan kehidupan bermasyarakat yang menganut pancasila sebagai pacuanya.
               Semoga dengan adanya peringatan hari jadi pancasil ini. Kita dapat mengambil keputusan yang tepat untuk terus menumbuhkan rasa cinta tanah air dengan melaksanakan kehidupan ber-Pancasila.
Hadirin yang berbahagia.
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan , jika ada tutur kata yang tidak berkenan di hati. saya mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga semangat pancasila tetap tumbuh didalam sanubari kita.
Salam. “SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA”

Wasalamu’alaikum wr.wb


Demikianlah Info postingan berita Pidato Tema Pancasila

terbaru yang sangat heboh ini Pidato Tema Pancasila, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang Pidato Tema Pancasila dan berita ini url permalinknya adalah https://nyimakpelajaran.blogspot.com/2017/06/pidato-tema-pancasila.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pidato Tema Pancasila"

Posting Komentar