BAKTERI ASAM LAKTAT (Pediococcus acidilactici)

BAKTERI ASAM LAKTAT (Pediococcus acidilactici) - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul BAKTERI ASAM LAKTAT (Pediococcus acidilactici), telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : BAKTERI ASAM LAKTAT (Pediococcus acidilactici)
Link : BAKTERI ASAM LAKTAT (Pediococcus acidilactici)

BAKTERI ASAM LAKTAT (Pediococcus acidilactici)



Bakteri asam laktat adalah bakteri yang mampu memfermentasikan gula atau karbohidrat untuk memproduksi asam Iaktat dalam jumlah besar. Salah satu bakteri asam laktat yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen adalah Pediococcus acidilactici. Menurut Ray (2004) Secara ilmiah bakteri Pediococcus acidilactici dapat diklasifikasi sebagai berikut  Kingdom Bacteria, Division Firmicutes, Class Bacilli, Order Lactobacillales, Family Lactobacillaceae, Genus Pediococcus, dan Species Pediococcus acidilactici

Pediococcus acidilactici bersifat fakultatif anaerob dan mikroaerofilik, dapat tumbuh pada temperatur 35oC - 50oC, dan pH  4,4 -7,0. Secara umum Pediococcus acidilactici dapat tumbuh di dalam sebagian besar sosis setengah kering dan ini tergantung temperatur fermentasi yang digunakan (Bacus,1984). Pediococcus acidilactici yang diisolasi dari urutan dapat menurunkan pH dengan cepat sehingga bakteri non-BAL terutama bakteri yang merugikan dapat dihambat pertumbuhannya.

Bakteri ini juga menghasilkan bakteriosin. Bakteriosin merupakan polipeptida (protein) yang mempunyai berat molekul kecil dan  dihasilkan pada saat proses fermentasi berlangsung (Eckner, 1992). Bakteriosin yang dihasilkan bersifat antimikroba yang mampu mengendalikan bahkan menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Pediococcus  berbentuk bola(coccus) dan dalam ukuran yang seragam, berdiameter 0,36 sampai 1,43 µm dan bila tumbuh pada media yang kaya akan nutrisi yang diperlukan mikroba untuk tumbuh  seperti deMan Rogosa Sharpe Agar (MRS) Agar, koloninya akan berdiameter 1 sampai 3 mm. Pediococcus adalah bakteri gram positif, non motil, non spora, bersifat mesofilik dan homofermentatif  (Ray, 2004)

Gambar 1. Koloni Bakteri P. acidilactici
Gambar 2. Koloni Bakteri P. Acidilactici dengan metode spot less method

DAFTAR PUSTAKA

Bacus, J. N. 1984. Utilization of Microorganisme In Meat Processing Research Studies. Press ltd, England.

Eckner, K.F. 1992. Bacteriocins and food application. Dairy Food and Environ.   Sanitation.

Pramono, Heru, Murwantoko, dan Triyanto, 2013, Identifikasi Molekuler Bakteri Asam Laktat Penghasil Bakteriosin Pada Terasi, Peda dan Petis Sebagai Bahan Pengawet Produk Olahan Ikan. Seminar Nasional Masyarakat Pengolah Hasil Perikanan Indonesia (MPHPI) ke V Semarang, 18-19 Oktober  2013.

Ray, B. 2004. Fundamental Food Microbiology, Third Edition. CRC Press LLC Boca Raton, Florida.



Demikianlah Info postingan berita BAKTERI ASAM LAKTAT (Pediococcus acidilactici)

terbaru yang sangat heboh ini BAKTERI ASAM LAKTAT (Pediococcus acidilactici), mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang BAKTERI ASAM LAKTAT (Pediococcus acidilactici) dan berita ini url permalinknya adalah https://nyimakpelajaran.blogspot.com/2017/01/bakteri-asam-laktat-pediococcus.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAKTERI ASAM LAKTAT (Pediococcus acidilactici)"

Posting Komentar