RESUME TENTANG GPS DAN KOMPAS

RESUME TENTANG GPS DAN KOMPAS - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul RESUME TENTANG GPS DAN KOMPAS, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : RESUME TENTANG GPS DAN KOMPAS
Link : RESUME TENTANG GPS DAN KOMPAS

TUGAS INSTRUMENTASI DAN NAVIGASI
RESUME TENTANG GPS DAN KOMPAS




1. GPS

GPS 

GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentu posisi yang memberikan posisi dan kecepatan tiga dimensi dan informasi waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa tergantung kepada waktu dan cuaca (Abidin et al., 2009). GPS (Global Positioning System) adalah sebuah sistem atau proses untuk menentukan suatu posisi manapun di planet bumi ini berdasarkan 4 faktor: latitude, longitude, altitude dan time. Istilah lengkap GPS adalah NAVSTAR-GPS (Navigation System Timing And Ranging – GPS). Dibangun oleh Departemen Pertahanan U.S.A dengan dua tipe pelayanan: (1) SPS (Standard Positioning System untuk warga sipil), dan (2) PPS (Precise Positioning System untuk militer). Satelit GPS pertama, diluncurkan pada 22 Februari 1978. Fungsi GPS selain untuk menentukan posisi dari sesuatu benda/hal, GPS digunakan juga untuk menentukan variable-variabel turunan seperti: (1) Kecepatan, (2) Percepatan (Akselerasi), (3) Arah laju, dan (4) Ukuran Interval (i.e. Jarak, Selang Waktu) (Firdaus, 2010). GPS atau Global Positioning System, merupakan sebuah alat atau sistem yang dapat digunakan untuk menginformasikan penggunanya dimana dia berada (secara global) di permukaan bumi yang berbasiskan satelit. Data dikirim dari satelit berupa sinyal radio dengan data digital. Dimanapun berada, maka GPS bisa membantu menunjukan arah, selama melihat langit. GPS (Global Positioning System) adalah sistem navigasi yang berbasiskan satelit yang saling berhubungan yang berada di orbitnya. Satelit-satelit itu milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Departemen of Defense) yang pertama kali diperkenalkan mulai tahun 1978 dan pada tahun 1994 sudah memakai 24 satelit. 

Untuk dunia perikanan khususnya , pesawat penerima GPS ini sangat berguna karena dapat dimanfaatkan antara lain untuk :
Menentukan posisi kapal.
Mencari kembali posisi yang telah dilalui.
Menyimpan posisi/ koordinat pemasangan alat tangkap ikan seperti: bubu , gillnet longline dsb.
Menentukan arah haluan kapal dengan haluan sejati, sehingga tidak perlu menghitung variasi maupun deviasi sebagaimana pada kompas magnet
Cara pesawat penerima GPS menentukan posisinya ialah dengan menerima pancaran dari 3 (atau 4) satelit pada garis pandangnya dengan langkah – langkah dasar sebagai berikut:
Satelit GPS secara terus menerus memancarkan data orbitnya yang sangat tepat yang disebut ephemeris. Dengan data ini pesewat penerima GPS langsung menghitung posisi satelit.
Pesawat penerima GPS menghitung jaraknya terhadap satelit-satelit secara akurat.
Lokasi-lokasi satelit berikut jarak-jaraknya dari pesewat penerima GPS dapat diketahui.
Pesawat GPS menetapkan posisinya sendiri terhadap satelit dengan bentuk sudut segitiga.

2. Kompas

Kompas magnet adalah salah satu dari perlengkapan navigasi yang kuno dan masih tetap dipertahankan keberadaannya sampai sekarang, meskipun sudah ditemukan kompas gyro yang lebih canggih. Bagaimanapun canggihnya sebuah kapal yang modern dan dilengkapi dengan peralatan navigasi elektronik, namun masih harus dilengkapi dengan kompas magnet ini. Kompas magnet ini menurut penggunaannya ada 2 macam, yaitu :

Kompas Kemudi.

kompas kemudi

Kompas kemudi adalah kompas yang ditempatkan ditengah-tengah anjungan kapal, didepan jantra kemudi yang fungsinya untuk menentukan arah haluan kapal.  Pada umumnya kapal-kapal kecil hanya menggunakan kompas ini.

Kompas Standard

kompas standar

Kompas standard adalah kompas yang ditempatkan diatas ruangan anjungan kapal yang berfungsi sebagai patokan dari kompas yang ada dikapal, dan selain itu juga berfungsi untuk menentukan baringan-baringan datar. Kompas standard  pada umumnya terdapat di kapal-kapal besar, sedangkan dikapal-kapal kecil kompas standard juga berfungsi ganda, sebagai kompas standard sekaligus juga sebagai kompas kemudi.

Kompas Gyro ( Gyro Compass)

gyro compass

Kompas gyro adalah kompas atau pedoman yang memanfaatkan karakteristik giroskop (gyroscope) yang berputar pada kecepatan tinggi , sehingga ujung-ujung daripada poros giroskop selalu menunjukkan arah utara selatan sejati.

Gyro yang berputar cepat tadi, ditempatkan pada tiga buah cincin yang porosnya saling bersilangan, sehingga gyro tersebut dapat bergerak bebas walaupun kondisi kapal oleng (rolling) ataupun angguk (pitching), kondisi gyro akan tetap rata / datar.

Kompas sangat berguna dalam bidang perikanan dan kelautan. Kompas adalah alat navigasi kapal untuk menentukan arah kapal berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah mata angin yang ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan barat. Apabila digunakan bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih akurat dalam menunjukkan arah. Alat ini membantu perkembangan perdagangan maritim dengan membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah navigasi kapal.

Referensi


Abidin, Zainal, Hasanudin. 2009. Deformasi Koseismik dan Pascaseismik Gempa Yogyakarta 2006 dari Hasil Survei GPS. Jurnal Geologi Indonesia. 4 (4): 275-284

Firdaus, Oktri Mohammad. 2010. Analisis Implementasi Global Positioning System (GPS) pada Moda Transportasi di PT.X. Proceeding Seminar on Application and Research in Industrial Technology (SMART 2010), UGM Yogyakarta, 29 Juli 2010.



Demikianlah Info postingan berita RESUME TENTANG GPS DAN KOMPAS

terbaru yang sangat heboh ini RESUME TENTANG GPS DAN KOMPAS, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang RESUME TENTANG GPS DAN KOMPAS dan berita ini url permalinknya adalah http://nyimakpelajaran.blogspot.com/2017/08/resume-tentang-gps-dan-kompas.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RESUME TENTANG GPS DAN KOMPAS"

Posting Komentar