Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Algoritma dan Flowchart, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.
Judul Posting : Algoritma dan Flowchart
Link : Algoritma dan Flowchart
Anda sedang membaca posting tentang Algoritma dan Flowchart dan berita ini url permalinknya adalah https://nyimakpelajaran.blogspot.com/2016/10/algoritma-dan-flowchart.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.
Judul Posting : Algoritma dan Flowchart
Link : Algoritma dan Flowchart
Beberapa langkah dalam proses pembuatan suatu program atau software :
1. Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program yang digunakan untuk pembuatan program.
2. Merealisasikan dengan langkah-langkah berikut :
Secara umum, struktur suatu program terdiri dari beberapa bagian yaitu :
1. Input
Bagian ini merupakan proses untuk memasukkan data ke komputer melalui device yang ada misalnya keyboard, mouse, scanner dll. Program melakukan proses membaca data yang akan diolah dari device tersebut.
2. Output
Bagian ini merupakan proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil pegolahan data melalui device seperti monitor, printer dll. Program melakukan proses mencetak data ke device tersebut.
3. Proses Pengolahan Data
Bagian ini merupakan proses mengolah data yang diinputkan dengan nenerapkan metode-metode, teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini menghasilkan data output yang akan dioutputkan kepada pengguna program.
4. Penyimpanan Data
Bagian ini merupakan proses menyimpan data dalam memori atau device penyimpanan data seperti disket, harddisk, CD dll.
Berikut ini adalah blok diagram struktur dari suatu program secara umum.
Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem.
Contoh : Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.
Algoritmanya :
1. Bagi bilangan dengan bilangan 2
2. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 1.
3. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
Flowchart
Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.
Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart :
Dari contoh algoritma di atas tentang menentukan apakah suatu bilangan adalah bilangan ganjil atau bilangan genap, flowchart dari program adalah sebagai berikut :
Demikianlah Info postingan berita Algoritma dan Flowchart
terbaru yang sangat heboh ini Algoritma dan Flowchart, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.
Anda sedang membaca posting tentang Algoritma dan Flowchart dan berita ini url permalinknya adalah https://nyimakpelajaran.blogspot.com/2016/10/algoritma-dan-flowchart.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.
0 Response to "Algoritma dan Flowchart"
Posting Komentar